Fanletter for Bang Dika (@radityadika)

Bang Dika, apa kabar? Masih semangat? Mana suaranya? *lho?*

Maafkan aku fans kurang ajar ini. Udah beda umur kita jauh (aku 13 abang 28. Ya, cuma ngingetin umur aja…), tapi aku manggilnya abang. Jadi gak enak, hehe :3 abis takut bang Dika merasa tua, dan frustasi lalu berakhir numpang di rumah Miko sama Rian (?).

Bang Dika, aku tahu kok Bang Dika gak kenal sama aku (ya iyalah), tapi sebagai orang yang berhasil dibuat kagum (dan sesat, of course) sama buku dan karya-karya Bang Dika mulai dari Kambingjantan sampai… (nama ‘anak’ ke 7 bang Dika nanti siapa?) mau ngucapin Happy Birthday dari hatiku yang paling dalam :3 meski aku percaya hatiku gak dalam-dalam amat.

Bang Dika, tanpa sadar, abang sudah menginspirasi aku. Membuka mataku kalau ternyata sebagai anak muda, we cant give up meski karya kita gak diterima orang. Jujur aku baru tahu bang Dika dari Manusia Setengah Salmon. Agak lancang kalau aku bilang aku tahu banyak soal bang Dika, because aku gak se-lama RDL lainnya, yang ngikutin bang Dika dari Kambingjantan, karena waktu itu, aku aja belum masuk SD. Hehe.

Bang Dika yang bikin aku tahu kalau Stand-Up Comedy adalah seni komedi yang sangat berharga, we must keep that. Bang Dika yang bikin aku pengen jadi penulis lagi. Dulu aku pikir penulis gak akan kaya, melarat, gak trendi kaya model atau tukang molen (serius deh bang. Tukang molen deket rumahku selalu pake jaket kulit, kacamata item sama poninya poni lempar kayak helm SNI. Cuman dia gak sampe nikah 4 kali :3). Tapi saat lihat cara Bang Dika menulis “komedi pake hati”, aku sadar, menulis itu passion, bukan untuk cari duit (meski itu salah satunya juga…).
Bang Dika bikin aku mau jadi Stand-Up Comedian (dan i swear bener-bener kulaksanakan. Aku lagi getol bikin materi komedi dan nonton video Stand-Up Comedy dari dalam maupun luar negeri).

Bang Dika, di umur yang ke-28 (pertamanya kupikir abang 27 tahun, hehe. Mukanya gak tua-tua) ini, aku (and maybe seluruh RDL) mau bang Dika terus berkarya. Jangan berhenti mewarnai jutaan mimpi di bumi meski bang Dika bukan Laskar Pelangi (hey, aku suka tuh sama buku itu. Bang Dika mau pinjem? Di perpus sekolahku ada banyak lho… *gak nyambung*). Aku pengen bang Dika terus menginspirasi anak muda dengan karya-karya bang Dika. Aku mau bang Dika terus menciptakan variasi komedi di tengah badai komedi slapstick (bukannya aku benci slapstick. Tapi apa harus mengasari orang biar lucu?) di Indonesia. Inget bang Dika, abang yang ‘membawa’ mockumentary ke Indonesia 🙂

Oh iya, bang Dika, di buku abang yang Babi Ngesot itu kan bang Dika sama mantannya bang Dika punya anjing namanya Rachel. Hehe. Aku tersandung, eh, tersanjung deh. Cuman aku merasa salah gaul. Namaku sama kayak anjing bang Dika. Abis itu, di sekolah, aku dirajam. Ternyata masuk buku bang Dika tidak menjamin kalau aku makin gaul (sekarang aku ngerti perasaan Edgar).
BTW gimana kabarnya Rachel, bang? 🙂 apa dia masih… hidup?

Terus bang, aku juga mau minta maaf. Aku menamain satu kucing kampung dengan nama lengkap abang. Tapi sumpah dia lucu… dan cewek. Aku sering panggil dia ‘Dika’. Dan ternyata tetanggaku pas didepan itu anaknya namanya Dika, dia sendiri Andika (suer dia gak pake poni kaya helm SNI dan gak nikah sampe 4 kali) Aku tahu, emang orang tua yang gak kreatif dia.
Ehm. Tapi kucing itu sudah pergi menjauh bang. Entah karena nama yang kukasih, atau karena gak aku kasih-kasih makan lagi.
Maaf ya bang, nama abang aku lecehkan sedemikian rupa. Hehe
BTW bisa tuh nikahin dia sama Si Boss! (Jangan salah bang. Meski dia kucing kampung, dan Si Boss kucing ras, pasti bisa asal ada cinta! Aku tahu soalnya suka nonton di sinetron RCTI *eh*)

Sebenernya banyak yang mau aku ucapin. Pengen banget ikut workshop dan talkshow bang Dika soal cara menulis komedi dan Stand-Up Comedy. Tapi karena fanletter ini makin ngalor ngidul. Sampai disini aja ya?

Oke, Happy Birthday bang Raditya Dika Angkasaputra Moerwani (sadar gak bang inisial abang itu DAMN? Hehe). Semoga panjang umur dan sehat terus. Jangan sakit mulu, kasian RDL (jadi gak dibalesin mentionnya. Kan orang sakit gaboleh main twitter *geplak*) ntar kita sedih. Semogak bang Dika terus meramaikan dunia komedi Indonesia, terutama Stand Up Comedy. Terus menulis komedi, biar semua orang bisa tahu apa itu “komedi pake hati”. Jangan sampe ketularan apes kayak Miko. Abang ganteng ganteng dari hatimu kok 🙂
Oh iya, bang Dika juga harus cepet-cepet nikah, lho! Nanti kita pada diundang ya! Makanannya harus enak-enak nantinya… *ketauan jomblo*

Oh iya, nama Raditya itu kan artinya Matahari (bukan mata busuk atau mata anjing kaya kata Hugo sama Aryo), berarti bang Dika harus terus bersinar! Semangat!
God Bless You 🙂

NB: Eh, Edgar juga ulang tahun, kan, ya? 🙂
Kirim salam ya, abang, buat Edgar. Semoga Edgar panjang umur dan jadi girl-magnet kayak abangnya (amin), jangan jadi lansia-magnet. Hehe. Kapan-kapan abang Dika kalau Stand-Up sama talkshow dibawa ya 🙂 tapi bilangin jangan sambil mamerin t*t*t-nya :\

Sekali lagi aku ucapin, selamat ulang tahun bang Dika 🙂

@Rachellemanuela

Manusia satu ini…

Proyek baru lagi! Haaah…
Gue lagi pengen cecer semua redaksi majalah dengan cerpen gue. Tadinya gue mau debut sebagai penulis itu langsung nulis novel. Tapi kata orang tua gue, itu berat. Karena kalau nama kita belum–setidaknya–dikenal orang, bisa aja orang ragu ama novel kita.
Bobo juga jadi deh! Gue kangen juga nulis cerpen anak soalnya :3 terakhir nulis cerpen anak itu kelas 6. Udah dua taon!
Tapi kalau bisa diterbitin di tabloid juga not bad. Gue cuma takut cerpen gue masuk koran ternak. Takut dikira pupuk kandang bisa nulis -_-
Terus juga gue mau banyakin post soal Stand-Up Comedy lagi… biar asoy! Kalau soal tutorial Stand-Up Comedy mah bisa diatur! Kalau perlu ntar gue pengen banget wawancara satu comic di twitter atau lewat email. Sukur-sukur bisa ketemu gitu sama comic siapa gitu pas gue dateng ke Open Mic.

Kalau diinget, masih banyak proyek gue yang belum tuntas. Ambil contoh novel gue. Sekedar informasi dan gambaran, novel gue ini menceritakan soal cewek yang adalah seorang penyanyi kafe dan seorang cowok yang adalah seorang Stand-Up Comedian. Panjangnya, liat entar kalau udah terbit ya :p
All about Stand-Up Comedy juga gue masukin ke buku ini. Mulai dari istilah-istilah Stand Up Comedy sampe soal mencoba untuk Stand-Up. Tentunya disampein lewat mulut si cowok dalem novel gue 🙂
Jangan heran kalau misalnya disana ada nama-nama comic yang asing. Karena memang semuanya cuma karangan gue. Tapi kalau ada comic komunitas atau yang kurang gue kenal dan punya nama yang sama dengan comic-comic fiksi di novel gue, itu suatu ketidaksengajaan 🙂
(hoalah belom jadi novel aja udah banyak cencong -_-)
Abis gue gak berani masukin nama comic yang bener-bener asli di dunia nyata tanpa ijin, kaga enak bro… mereka aja gak kenal gue…

Tapi problemnya, semakin gue nulis, semakin ceritanya berantakan. Makin ngalor ngidul.
Gue itu kayak penganut “gak bisa nulis kalau gak mood”. Padahal itu jelas gak bagus -_- kalau belum jadi penulis yang bener-bener penulis (maksudnya udah bikin buku gitu) aja udah males2an apalagi nanti kalau udh jadi penulis…

Masalahnya gue masih pusing sama proyek novel ini!
Ada yang cerita hidup atau cerita cintanya bisa gue pinjem? Gak pake nama kalian deh, suer -_- Yang mau minjemin nama juga boleh banget! Asal anda bukan orang rusia, atau eropa yang punya nama mirip Arnold Schwzkenegerrr boleh-boleh aja :3

Gue juga lagi nyari temen sesama penulis (udah bikin buku atau belum, udah pernah masuk majalah atau belum, it’s okay) untuk jadi temen diskusi :3
Langsung aja cabut ke twitter gue @Rachellemanuela atau facebook gue Rachel Emmanuela, woke?

See ya guys! *kembali bergumul dengan naskah*