What Do I Learn In…? Essay Contest

Pertama, saya mau mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri bagi yang merayakan. Maaf kalau saya ada salah kata atau perilaku J

Kali ini, saya mau mengadakan sebuah lomba menulis esai untuk kalian semua dalam rangka ulang tahun blog saya yang pertama (17 Agustus 2012-17 Agustus 2013). Temanya adalah: “What Do I Learn In…?”. Gak jauh-jauh dari tema tulisan blog saya sebelumnya. Soalnya saya pribadi kepo, apa ada juga orang yang diam-diam belajar atau berkembang selama kurun waktu tertentu.

Jadi kalian silahkan menuliskan apa yang kalian pelajari atau perubahan apa yang kalian alami dalam kurun waktu tertentu. Harus pengalaman nyata.

Karena ini lomba esai blog, jadi karya tulis hanya saya terima dalam bentuk blogpost. Diposting di blog masing-masing dan untuk masalah minjem blog teman, saya gak melarang tapi gak saya sarankan, karena nanti banyak prosedur yang jadi rumit dan njelimet (seandainya temennya minta bagi dua hadiah atau apa gitu).

Judul entry harus diawali dengan “What Do I You Learn In…(isi dengan waktu sesuai tema tulisan kalian): …(isi dengan sub judul sesuai kreasi kalian)”

Contoh: “What Do I Learn In 1 Year: Bagaimana Seorang Anak SMP Berkembang Dalam 365 Hari”

Keunikan kalian dalam mengisi … dalam “What Do I Learn In…” juga termasuk dalam penilaian. Dibuat rumit, dibuat aneh, dibuat njelimet… terserah aja. Yang penting masih dalam konteks yang menunjukkan kurun waktu. Contohnya kayak: “What Do I Learn In 1 Hour 25 Minutes 3 Second: About Why The Time’s So Expensive”. Sub judul gak harus bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Kalau mau pake bahasa lain, tolong tulis terjemahan atau artinya.

Penilaian ditentukan oleh saya. Saya bakal mencoba seobyektif mungkin (abis saya gak menemukan juri yang mau bantu saya dan gak terlalu akrab sama saya). Tulisan dinilai dari kerapihan, penggunaan kata, kejelasan alur cerita dan kemenarikan alur cerita (sedikit tips, cerita yang menarik tidak harus menggelegar. Tergantung dari cara penulisan seseorang, cerita bisa jadi begitu menarik untuk dibaca jadi gak usah minder kalau cuma cerita soal libur lebaran).

Oh iya, di bawah postingan kalian, harap lampirkan URL entry ini dengan beberapa kalimat promosi dari kalian (apa aja bebas hehe J contoh: “posting ini sedang mengikuti lomba di https://rachelemmanuela.wordpress.com/ kalian juga ikutan ya, coba aja kalahin gue kalau bisa :p” gitu) dan promosikan lomba ini ke satu social media yang kalian punya dan cukup satu kali promosi saja, kasihan orang lain takut kena spamming dan terganggu. Bagian yang ini harus dilakukan. Gak ada salahnya punya pesaing, justru kita malah makin hebat kalau punya pesaing. Semakin ditempa semakin kece B)

Oh, untuk yang promosi ke facebook dan promosi ke group komunitas blog seperti Kancut Keblenger, saya sarankan untuk gak promosi di satu group dimana orang udah banyak promosi hal yang sama juga. Takutnya anda kena, saya juga kena. Kasihan juga, pada kena spam.

Setelah tulisan sudah dipublikasikan, harap kirim email konfirmasi ke rachel_emanuella@yahoo.com (beda provider tetep bisa kirim ke saya, FYI aja bagi yang newbie) dengan isi:

Nama:

Alamat Blog:

URL Entry:

Username twitter atau URL facebook (dua-duanya boleh):

URL posting atau tweet promosi lomba:

Kalau lupa password email, kirim lewat inbox facebook juga boleh. Silahkan kirim ke http://www.facebook.com/littlechel9494 (oke dulu saya alay dengan nulis ‘Gaga’ dengan 9494. Maafin saya, si bocah bau kencur ini, Little Monster’s). Gak harus di follow karena FB saya seingat saya, FB saya gak dikunci untuk inbox dari user yang bukan temen. Dan kalau memang sekarang inbox harus follow dulu, sebaiknya comment dibawah sini, apa nama facebook kalian. Soalnya banyak orang gak dikenal dan mencurigakan akhir-akhir ini. Hontouni gomenasai hehe…

Pemenangnya ada dua:

Juara utama, dan Juara Favorit.

Juara utama adalah juara yang tulisannya memenuhi kriteria penilaian, sementara juara favorit itu yang ceritanya saya suka, tapi gak memenuhi kriteria penilaian. Mau dibilang juara 2 juga boleh, terserah bagaimana nyamannya kita aja.

Juara utama mendapatkan 50.000 berupa pulsa voucher all operator (makanya nanti pemenang harus konfirmasi ulang sama saya), juara favorit mendapatkan 10.000 pulsa all operator.

Kalau mau elektrik, terserah pemenangnya. Tapi ada beberapa orang yang tidak nyaman mengekspos nomor Hpnya ke orang di dunia maya kan?

Mungkin aja lomba ini bakal agak gak adil karena dinilai dengan IQ anak SMP, tapi setidaknya… saya akan memilih pemenang yang membuat saya kagum. Dan jangan remehkan saya, karena saya bukan anak umur 5 tahun yang mudah kagum J tidak lagi.

Lomba dimulai dari tanggal postingan ini diterbitkan, sampai tanggal 1 September.

“Kenapa lama amat? Cepetin dikit napa!”

Alasan saya:

1. Sabar itu membuahkan hasil.

2. Saya bukan orang yang mudah puas. Saya mau lihat banyak tulisan dari orang yang macam-macam.

3. Saya juga harus nabung jajan untuk hadiahnya ._.v soalnya saya suka bongkar celengan setiap digodain sama bau kuah bakso yang lewat.

Jadi, bagi kawan-kawan bloggers, selamat menulis J

P.S : Yang mau bertanya silahkan comment di bawah. Maaf kalau hadiahnya terlalu kecil atau sederhana sementara kriterianya berlebihan ._. Dan menurut saya sebaiknya kalian menulisnya secara senang-senang aja, kayak pas lagi nulis blog tanpa ikut lomba, biar gak terlalu terbeban dan jadi kompetitif J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s