Well, The UKS

Gue hari ini sakit.
Antara seneng dan enggak sih…
Tapi, banyakan senengnya😀

Pas pelajaran PKN, gue pusing. IPA gue makin menjadi. Mual-mual.
Temen-temen gue yg bokep langsung salah-salah-an…
“Woy, lo apain tuh Rachel! Lo semalem ngapain tuh waaa….”

Risih. Gue melengos.

Guru gue nyuruh gue ke UKS.

Yang gue lihat pertama cuma anak kelas 9 yang… kabur.
Nongkrong di atas kasur, ngobrol-ngobrol.
Seragam berantakan.

Gue masuk.

“Misi, kak. Gak enak badan. Mau istirahat…”

Mereka bubar.

“Udeh gak ape-ape… Ama adek kelas mah ngalah…”

Bagus, gue ga digebukin kalau gitu…

Gue rebahan di kasurnya.

Gue lupa ngasih kalian gambaran UKS gue.

Dempet di bawah tangga, diapit sama ruang kesenian.
Langit-langit UKS itu cuma tangga yang dibatesin ama bata dan semen dan cat.
Ditambah tanda kaki, alias bekas sepatu dari anak-anak di SMP gue.
Itu kayaknya kalau lulus, mereka ga akan pake pilox deh. Saking injek, barangkali…

Dan ada satu grafitti yang bikin gue muntah.
Lagi sakit, gue disuguhi grafitti yang pasti lo sering liat di jalan dan sering digambar pake tipex…
Pilox…
Spidol…
Pensil…
Bolpen…

Itu adalah….
gambar t*t*t -_-
Muntah gue makin kenceng.

Di bawah, ada karpet lengkap dengan bantal. Itu tempat siapa?
Obat di situ kayaknya lengkap, tapi jarang diperbarui.
Jangan kaget kalau tiba-tiba gue mau pake Rivanol(alkohol), terus rivanolnya udh expired dan bukannya sembuh, gue bernanah sampe orang-orang berenang di nanah gue. Oke ini jijik dan lebay.

Gue pernah diceritain ama guru.
Sekolah gue dulu hampir menang penghargaan. Semua rapi, terjamin, dan layak ditempati.
Pas nyampe di UKS…

“Aduh, ini UKS-nya, bu?” tanya si pengawas.
Guru gue sebagai pembina PMR, ngangguk.

Dia diem.

Sekolah gue kalah, karena UKS yang kurang layak.

Tapi UKS gue masih lebih bagus dri SD gue dulu. Obat ga ada, kasur lapuk, debu dimana-mana…

Bukannya sembuh, malah TBC.

Kadang hal-hal sepele, justru yang harusnya diperhatikan.

Sama kayak post gue sebelumnya, soal Paduan Suara.

Gue berharap, sekolah lain juga memperhatikan UKSnya masing-masing demi menjaga muridnya enggak bengek karena kebanyakan debu di UKS.

*poof*

Tinggalkan Balasan

